Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla membahas gagasan mengenai pengangkatan dokter menjadi pegawai negeri sipil (PNS) dalam rapat kerja dengan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek di Jakarta, Rabu.

"Soal dokter itu baru gagasan supaya terjadi pemerataan layanan kesehatan yang baik di seluruh nusantara. Maka seluruh rumah sakit dan puskesmas mesti ada layanan yang dilengkapi dokter," katanya dalam rapat di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta.

Ia mengatakan harus ada seorang dokter di setiap puskesmas untuk menyediakan pelayanan kesehatan secara merata di seluruh pelosok Indonesia.

Menurut dia, pengangkatan 7.000 dokter menjadi PNS  setiap tahun oleh Kementerian Kesehatan masih kurang.

"Salah satu solusinya ialah bagaimana memberikan kewajiban. Cara memberikan kewajiban itu ya menjadikan (dokter) PNS," kata dia.

Namun Wakil Presiden mengingatkan bahwa nantinya dokter yang telah diangkat menjadi PNS wajib menerima tugas untuk ditempatkan di manapun di seluruh pelosok Indonesia.

"Supaya ada di wilayah juga, jangan berkumpul semua di Jakarta kan. Sehingga Puskesmas yang ratusan ribu tak ada dokternya itu bisa ada dokternya," jelas dia.

Wakil Presiden juga mengatakan bahwa pemerintah mesti mengubah pandangan dalam membangun kesehatan dengan lebih banyak melakukan upaya promotif dan preventif.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015