Jakarta (ANTARA News) - Meluncurkan Ruckus Unleashed untuk UKM, penyedia global untuk sistem-sistem nirkabel, Ruckus Wireless, menciptakan access point terbarunya itu untuk lebih mudah diimplementasikan.

"Tidak usah menggunakan IT profesional, implementasi Ruckus Unleashed sangat mudah, bahkan anak usia 11 tahun dapat melakukan instalasi," kata System Engineer Ruckus, Edo Rodadi, di Jakarta, Kamis.

"Instalasi membutuhkan waktu tidak kurang dari 60 detik dengan waktu restarting 2 hingga 3 menit," sambung dia.

Untuk instalasi, pengguna hanya perlu terhubung ke operasi WLAN. Kemudian membuka browser, lalu create controller dengan mengikuti wizard. Selanjutnya, Ruckus Unleashed dapat digunakan hingga 500 perangkat.

Oleh karena itu, Edo mengatakan bahwa Ruckus Unleashed dapat digunakan oleh pengusaha kedai kopi dan restauran.

"Yang diinginkan para pengusaha muda saat ini adalah infrastruktur yang dapat dengan cepat dijalankan. Agar dapat cepat dijalankan, dibutuhkan jaringan tanpa kabel, lebih dari itu, wifi dituntut tidak putus-putus," ujar Edo.

"Ruckus melihat tren itu, dengan fitur Beam Flex+ yang terkenal dapat diandalkan dan telah digunakan oleh sejumlah hotel ternama, membuat sinyal kuat dan sensitif," lanjut dia.

Tidak hanya itu, dengan Ruckus Unleashed, para pengusahan juga dapat menganalisa profil pelanggan. Pasalnya, wifi akan terhubung ke Facebook.

Ruckus Wireless juga telah bekerja sama dengan Facebook untuk membagikan data publik pengguna seperti jenis kelamin, umur dan kota domisili.

Dengan data tersebut, pengusaha dapat lebih mudah berinteraksi dengan pelanggan untuk mengetahui produk mana yang paling diminati, sehingga dapat dijadikan data analitik untuk mengembangkan usaha mereka.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015