Kami masih menunggu mereka dengan berjalan kaki masuk ke beberapa tempat pengungsian
Jayapura (ANTARA News) - Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Christian Sohilait membenarkan ratusan warganya mengungsi ke daerah terdekat, karena bencana embun es melanda beberapa distrik setempat.

"Ya benar. Kami ungsikan, karena semua tanaman dan ternak di sana mati," kata Sekda Lanny Jaya itu, melalui pesan singkat di Jayapura, Selasa.

Menurut dia, warga di berbagai kampung Distrik Kuyawage, Wanobarat, dan Distrik Goabaliem Kabupaten Lanny Jaya sengaja diungsikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami masih menunggu mereka dengan berjalan kaki masuk ke beberapa tempat pengungsian," katanya lagi.

Setelah dipastikan bahwa semua warga dari berbagai kampung di sejumlah distrik yang dimaksud mengungsi semua, menurut Sohilait baru akan didata jumlah pastinya.

"Setelah mereka ada di sana kami akan tahu jumlah mereka, baru kami distribusi atau tambah bahan makanan ke sana," kata dia.

Mantan Kepala Dinas PU Lanny Jaya itu menyatakan, ratusan warga itu kemungkinan besar akan mengungsi ke kampung-kampung dan distrik daerah terdekat di sekitar Kabupaten Lanny Jaya.

"Pengungsian mereka diperkirakan ke Kabupaten Puncak, Puncak Jaya, Nduga, dan Tiom Ibu Kota Lanny Jaya," kata Christian Sohilait lagi.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015