Penghargaan ini menjadi salah satu bukti bahwa upaya PGN untuk terus membangun infrastruktur dan memperluas penggunaan gas bumi telah memperkuat posisi PGN sebagai perusahaan energi kelas dunia
Jakarta (ANTARA News) - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) meraih penghargaan sebagai perusahaan dengan pertumbuhan bisnis tercepat ke-10 di Asia dalam The Platts Top 250 Global Energy Company 2015.

Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso dalam siaran pers di Jakarta, Rabu mengatakan, PGN juga menempati urutan ke-46 untuk overall performance in Asia dan nomor ke-151 untuk kategori global performance.

Penghargaan fastest growing companies tersebut diterima PGN pada acara The Platts Top 250 Asia Award Dinner yang berlangsung di hotel Fullerton, Singapura, Selasa malam (27/10).

Menurut Hendi, PGN menjadi satu-satunya perusahaan energi dari Indonesia yang masuk dalam Top 250 tersebut.

The Platts Top 250 merupakan penghargaan yang diberikan berdasarkan survei yang dilakukan terhadap perusahaan energi di seluruh dunia.

Platts telah melakukan pemeringkatan atas performa keuangan perusahaan energi, dalam skala global, regional, dan berdasarkan sektor industri.

Platts juga melakukan analisis terhadap perusahaan energi berdasarkan sembilan klasifikasi industri dan tiga wilayah global.

Kegiatan yang telah berlangsung sejak 2000 merupakan salah satu ajang penghargaan top bagi perusahaan energi dunia.

Hendi menambahkan, penghargaan yang diberikan The Platts merupakan hasil dari kerja keras seluruh karyawan PGN. Penghargaan juga menjadi bukti kinerja PGN tumbuh secara berkesinambungan yang didukung fundamental bisnis yang baik.

"Penghargaan ini menjadi salah satu bukti bahwa upaya PGN untuk terus membangun infrastruktur dan memperluas penggunaan gas bumi telah memperkuat posisi PGN sebagai perusahaan energi kelas dunia. Kami berharap berbagai penghargaan yang diraih PGN dapat semakin memotivasi PGN untuk terus berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan energi di Indonesia," katanya.

Pada 2015, selain penghargaan Platts, PGN juga masuk dalam daftar 2.000 the world biggest public company 2015 versi majalah Forbes.

Menurut Hendi, sebagai perusahaan gas nasional, PGN terus melakukan inisiatif memperkuat ketahanan energi nasional melalui perluasan penggunaan gas bumi di berbagai wilayah Indonesia.

Saat ini PGN telah membangun lebih dari 6.470 km jaringan pipa gas dan melayani lebih dari 105 ribu pelanggan dari berbagai segmen seperti rumah tangga, transportasi, UKM, komersial, industri dan pembangkit listrik.

"Kami yakin melalui sinergi dan dukungan dari para stakeholders dan shareholders, PGN akan dapat berkontribusi lebih besar bagi penyediaan energi nasional dan mendorong terciptanya ekonomi bangsa yang solid secara berkelanjutan. Sebagai energi baik yang ramah lingkungan, efisien dan aman, gas bumi dapat menjadi solusi dari tingginya kebutuhan energi Indonesia," ujar Hendi. 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015