Amsterdam (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan mendarat di Bandar Udara Schiphol Amsterdam, Belanda, untuk transit kembali menuju Tanah Air.

Saat tiba di Amsterdam, waktu setempat menunjukkan Rabu, sekitar pukul 06.15 pagi dengan hawa dingin bersuhu sekitar 12--15 derajat Celcius dan cuaca berawan.

Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko disambut oleh Wakil Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Belanda Ibnu Wahyutomo beserta istri Restisari Joeniarto Wahyutomo, Atase Pertahanan RI di Den Haag Kol. Edy Sulistyadi beserta istri Murni Rahayu Sulistyadi, serta sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri.

Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo beristirahat selama sekitar 2 jam.

Setelah itu Presiden dan rombongan akan melanjutkan penerbangan kembali ke Indonesia dengan terlebih dahulu transit untuk yang ke dua kali di Abu Dhabi.

Rencananya, Presiden dan rombongan akan langsung menuju Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) untuk meninjau titik api.

Presiden akan berada di Palembang, Sumsel, selama sekitar dua hari untuk sekaligus memantau penanganan bencana asap.

Jokowi sebelumnya memutuskan untuk mempercepat kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat (AS) dengan membatalkan rangkaian agendanya di San Fransisco dan menugaskan menteri-menteri terkait untuk meneruskan acara sesuai rencana.

Pada kesempatan kali ini menteri dan pejabat yang mendampingi Presiden di antaranya Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri ESDM Sudirman Said, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015