Wapres sholat Istisqo di Istiqlal

Wapres sholat Istisqo di Istiqlal

Wapres Jusuf Kalla (tengah) menghadiri zikir dan tausiah akbar di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (14/10). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan solat Istisqo atau solat memohon hujan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pada Minggu pagi.

"Pelaksanaan sholat Istisqo tersebut diinisiasi langsung oleh Wapres dengan harapan agar Allah segera menurunkan hujan dan mengakhiri musim kemarau yang panjang di Indonesia," demikian pernyataan dari Asisten Deputi Komunikasi dan Informasi Publik Sekretariat Wakil Presiden Rusmin Nuryadin diterima di Jakarta, Minggu.

Panitia menyelenggarakan solat Istisqo nasional di pelataran Masjid Istiqlal dengan khotib DR KH Maruf Amin dan imam solat H Hasanudin Sinaga.

Wapres yang mengenakan pakaian muslim berwarna putih celana panjang abu-abu dan peci hitam tiba di Masjid Istiqlal didampingi Ibu Mufidah Jusuf Kalla pada sekitar pukul 07.05 WIB.

Selain itu, sejumlah menteri juga turut melaksanakan Solat Istisqo antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofyan Djalil serta Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir.

Sejumlah warga Ibu Kota Jakarta terlihat hadir di lokasi sejak pukul 06.00 WIB.

Solat Istisqo merupakan upaya yang dilakukan umat muslim untuk meminta hujan.

Hal itu ditujukan untuk membantu memadamkan kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di beberapa pulau di Indonesia antara lain Sumatera, Kalimantan dan Papua.

Sebelumnya beberapa pejabat di daerah dan anggota DPR RI juga melaksanakan solat Istisqo pada Jumat lalu.

Sejumlah pimpinan DPR, anggota DPR dan para pegawai Setjen DPR melaksanakan solat Istisqa di lapangan area MPR/DPR RI, Jakarta, pada Jumat.

Pewarta: Bayu Prasetyo,
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Masyarakat Sampit salat minta hujan di tengah kabut asap

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar