Kini pasar tengah menantikan paket kebijakan VI yang akan diluncurkan dalam waktu dekat
Jakarta (ANTARA News) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu dibuka melanjutkan penguatan sebesar 27,64 poin seiring dengan harapan positif terhadap paket- paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan oleh pemerintah.

IHSG BEI dibuka menguat 27,64 poin atau 0,61 persen menjadi 4.560,73. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak naik 7,26 poin (0,93 persen) menjadi 784,79.

"Kini pasar tengah menantikan paket kebijakan VI yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Harapan pasar terhadap paket kebijakan IV itu cukup positif sehingga akan kembali membuka peluang IHSG untuk kembali melaju ke area positif," kata Vice President PT Valbury Asia Securities, Nico Omer Jonckheere di Jakarta, Rabu.

Nico Omer mengemukakan bahwa rencananya, paket kebijakan ekonomi tahap VI itu akan menyasar pada revitalisasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan pemberian fasilitas pajak kepada investor.

"Revitalisasi KEK diharapkan dapat mendorong arus masuk modal dan investasi sehingga akan membuka lapangan kerja sebesar-besarnya. Sementara pemberian fasilitas pajak kepada investor akan membuka peluang masuknya dana asing ke Indonesia," katanya.

Nico Omer menambahkan bahwa dampak paket kebijakan ekonomi tahap I hingga V juga telah terlihat di pasar terutama terjadi stabilitas rupiah dan membaiknya indeks bursa saham Indonesia.

Sementara itu, Kepala Riset Recapital Securities Andrew Argado menambahkan bahwa nilai tukar rupiah yang kembali mencatatkan penguatan terhadap dolar AS menjadi salah satu faktor yang mendorong investor kembali melakukan aksi beli.

Di sisi lain, lanjut Andrew Argado, paket kebijakan ekonomi VI yang rencananya akan diluncurkan dalam waktu dekat juga menambah harapan bagi pertumbuhan ekonomi nasional ke depan.

Bursa regional, di antaranya indeks Hang Seng naik 413,84 poin (1,83 persen) menjadi 22.982,27, indeks Hang Seng naik 407,99 poin (2,18 persen) ke level 19.090,17, dan Straits Times menguat 33,44 poin (1,09 persen) ke posisi 3.032,11.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015