saya akan ke Jepang tanggal 9 November
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Setya Novanto diundang pemerintah Jepang untuk bertemu dengan Kaisar Jepang Akihito dan permaisurinya.

"Saya mendapat penghargaan sekali dari Duta Besar Jepang datang ke mari. Sehubungan dengan undangan, saya akan ke Jepang tanggal 9 November. Di sana akan bertemu dengan Kaisar bersama istri. Saya juga akan bertemu dengan Ketua Parlemen Jepang,” kata Novanto usai bertemu dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki, di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Ia mengharapkan hubungan kedua negara terus ditingkatkan karena telah lama berinvestasi di Indonesia dalam jumlah banyak.

"Selain itu pihak Jepang juga ingin terus melakukan kerja sama khususnya dalam bidang infrastruktur yaitu pembangunan-pembangunan pelabuhan dan transportasi yang semuanya dapat memberikan arti bagi kedua negara,” kata Novanto.

Terkait kunjungan kepada Ketua Parlemen Jepang, Novanto mengharapkan hubungan antarparlemen kedua negara bisa ditingkatkan.

"Hubungan ini mengandung arti yang sangat besar untuk kepentingan kedua negara,” kata Novanto.

Yasuaki Tanizaki mengatakan, hubungan antara Indonesia dan Jepang selama ini sudah terjalin dengan baik.

“Hubungan Indonesia dan Jepang selama ini sangat erat dan sangat baik tetapi kami ingin juga memperluas soal kerja sama antara Indonesia dan Jepang, misalnya di bidang diplomasi, pertahanan, dan ekonomi,” kata Tanizaki.

Dia mengatakan, kondisi ekonomi Indonesia sekarang sedikit melemah tapi dia yakin ini hanya terjadi pada jangka pendek."Jadi dalam waktu dekat perekonomian Indonesia akan menguat,” kata Tanizaki.

Dia berharap kunjungan Novanto bisa bertemu dengan para pemimpin Jepang dan pengusaha Jepang guna membahas kerjasama lebih lanjut.


Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015