Bengkalis, (ANTARA News) - Pelaksanaan Pesta Pantai yang dilakukan oleh Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bengkalis di Pantai Indah Selat Baru, Kecamatan Bantan berlangsung meriah.

Pelaksanaan Pesta Pantai Tahun 2015 yang berlangsung selama dua hari, Sabtu -Minggu (8/11) tersebut lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Berbagai Sanggar Seni, baik dari dalam maupun luar Kabupaten Bengkalis ikut memeriahkan perhelatan tahunan yang juga diisi dengan berbagai lomba permainan tradisional seperti jung, gasing dan layang-layang itu.

Berbagai pementasan kesenian rakyat seperti Kompang, Reog Ponorogo Kuda Kepang serta Barongsai, juga memberikan atraksi terbaiknya untuk menghibur pengunjung yang datang.

Dalam pembukaan acara pesta pantai tersebut dibuka secara remi oleh Penjabat Bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie, Sabtu (7/11) dan akan pada hari ini, Minggu (8/11).

Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie mengajak masyarakat, khususnya di sekitar Pantai Indah Selat Baru, Kecamatan Bantan, untuk mengelola objek wisata bahari di daerah itu dengan sebaik-baiknya.

"Bersama pantai lainnya di pulau Rupat, Pantai Indah Selat Baru merupakan salah objek wisata bahari unggulan yang ada di Provinsi Riau. Karena itu keberadaannya harus kita jaga dan dikelola dengan baik," ujar Ahmad Syah dalam keterangannya di Bengkalis, Minggu.

Ia mengatakan, selain menjaga keasriannya, seluruh masyarakat, khususnya di sekitar objek wisata bahari yang langsung menghadap ke Selat Malaka itu, untuk menjaga kebersihan lokasi pantai.

"Sebuah objek wisata, tidak terkecuali objek wisata bahari akan diminati wisatawan, lebih-lebih wisatawan mancanegara, apabila kondisinya selain arsi juga harus bersih dan terjaga keasliannya. Karena itu keasrian, keaslian dan kebersihan harus kita jaga bersama-sama. Tidak boleh ada sampah yang berserakan sedikitpun," pesan Ahmad Syah.

Berdasarkan pantauan di lapangan masyarakat Bengkalis, begitu antusias menghadiri sekaligus ikut berlomba pada acara pesta pantai selama dua hari itu untuk merebut hadiah jutaan rupiah yang telah disediakan Disbudparpora disetiap perlombaan.

Bermacam- macam perlombaan tradisional pada pesta pantai tersebut seperti, lomba layang-layang, lomba gasing, lomba jung, lomba bola voli, melukis dan mewarna bagi anak sekolah dari PAUD hingga ke tingkat SMA dan lomba fotografi dilaksanakan Politeknik Bengkalis yang bekerjasama dengan Disbudparpora.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015