Mataram (ANTARA News) - Penutupan operasional Bandara Internasional Lombok di Praya Kabupaten Lombok Tengah berlanjut hingga esok Selasa, kata General Manager PT AP I Bandara Internasional Lombok (BIL) Pujiono seraya menjelaskan alasannya karena debu abu vulkanik dari Gunung Baru Jari yang menyelimuti areal bandara.

"Masih ditutup sampai Selasa, setelah sebelumnya juga ditutup empat hari karena alasan keamanan akibat adanya debu vulkanik Gunung Baru Jari," kata Pujiono di Mataram, Senin.

Penutupan bandara ini membuat aktivitas penerbangan dari seluruh maskapai harus dibatalkan, bahkan Garuda Indonesia telah menyampaikan pengumuman untuk tidak mengunjungi Lombok untuk sementara waktu dengan alasan debu Baru Jari.

"Keinginan kami sebetulnya membuka  karena fakta di lapangan tidak ada debu. Tetapi dengan pertimbangan dan masukan yang ada dan pantauan citra satelit kondisinya masih sangat rawan bagi aktivitas penerbangan pesawat," jelas Pujiono.

Penutupan bandara juga dipengaruhi arah angin yang masih belum mendukung akibat debu abu vulkanik Gunung Baru Jari. "Jadi arah angin atau musim ini juga menentukan," ujarnya.

Akibat penutupan ini, puluhan ribu penumpang dari dan menuju Lombok tidak terangkut yang pada sehari saja ada 4.000 penumpang yang tidak jadi berangkat atau datang.



Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015