counter

Pasca-teror Paris, polisi New York waspada

Pasca-teror Paris, polisi New York waspada

Empire State Building, salah satu ikon kota New York, Amerika Serikat. (Reuters)

Penyebaran spesifik, di lokasi pemerintah Prancis di New York City, dilakukan segera setelah serangan di Paris."
New York (ANTARA News) - Pasca-aksi teror yang menewaskan ratusan orang di Paris, ibu kota Prancis, Kepolisian New York meningkatkan kewaspadaan dengan mengerahkan polisi kontra-terorisme ke berbagai tempat di kota tersibuk di Amerika Serikat itu, Jumat (Sabtu WIB).

Departemen Kepolisian New York (NYPD) mengumumkan, unit kontra-terorisme dikirim ke daerah ramai di sekitar kota "untuk kewaspadaan" dan menunjukkan kehadiran polisi, serta meyakinkan publik bahwa keamanan mereka terjaga.

"Penyebaran spesifik, di lokasi pemerintah Prancis di New York City dilakukan segera setelah serangan di Paris," demikian NYPD, seperti dilaporkan kantor berita Prancis (AFP).

NYPD juga mengemukakan, "Tidak ada indikasi yang diketahui bahwa serangan mempunyai hubungan dengan New York City. Kami akan terus mengikuti secara seksama dan menyesuaikan pengerahan kami."

Satuan kepolisian terbesar di AS itu menyatakan, mengadakan kontak intensif dengan Biro Penyidikan Federal AS (FBI) dan kepolisian Prancis.

Detektif di divisi intelijen "melakukan kegiatan untuk membantu polisi Paris dengan cara apapun, sambil menjaga kelangsungan pasokan informasi baru pada NYPD terkait situasi yang sedang berlangsung," demikian NYPD.

New York adalah kota berjulukan Big Apple karena berjumlah penduduk terbesar di AS, yakni 8,4 juta, dan pernah mengalami serangan teror yang meruntuhkan menara kembar World Trade Center (WTC) pada 11 September 2001.
(Uu.G003/Rw.P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar