Jakarta (ANTARA News) - Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, dipastikan menjadi tuan rumah babak semifinal dan final kejuaraan sepak bola U-17 yaitu Liga Santri Nusantara (LSN) 2015 yang diprakarsai Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Pertandingan semifinal sesuai dengan rencana digelar 3 Desember, sedangkan untuk pertandingan final akan digelar 6 Desember," kata pengurus pusat LSN, Mukaffi Makki dalam keterangan pers yang diterima media di Jakarta, Minggu.

LSN 2015 akan memperebutkan uang pembinaan sebesar Rp100 juta bagi juara pertama. Untuk juara dua akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp75 juga dan untuk posisi ketiga akan kebagian hadiah sebesar Rp50 juta. Untuk pemain terbaik dan top skor akan mendapatkan hadiah Rp10 juta.

Selain mendapatkan uang pembinaan, pemenang kejuaraan yang baru pertama kali digelar ini juga akan diberi kesempatan untuk tampil pada kejuaraan yang levelnya yang lebih tinggi yaitu kejuaraan Asia U-17.

"Rencananya, tim pemenang akan dikirim pada kejuaraan U-17 di Singapura pada bulan Maret tahun depan," kata Wakil Ketua LSN 2015, Romi Basarah.

Saat ini sudah ada empat tim yang sudah memastikan diri lolos ke semifinal setelah sebelumnya menjalani pertandingan delapan besar di Lapangan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat yang berakhir hari ini.

Keempat tim yang memastikan diri lolos ke semifinal adalah Pondok Pesantren (PP) Nurul Islam Jember, PP Nur Iman Sleman, PP Darunnajah Garut, PP Al Asariyah Tangerang. Tim ini merupakan empat besar tim terbaik dari 192 pondok pesantren yang terlibat dalam LSN 2015.

PP Nurul Islam Jember mengantongi tiket ke semifinal setelah mengalahkan PP Alfiah Purwakarta dengan skor 4-1 di Lapangan UPI Bandung, Sabtu, (14/11). Sedangkan, PP Nur Iman Sleman lolos ke babak empat besar setelah berhasil menang atas PP Darul Maarif Indramayu dengan skor 3-0.

PP Darunnajah Garut memastikan diri lolos ke babak semifinal setelah menang atas PP Walisongo Sragen dengan skor 2-1. Sedangkan PP Al Asyariah Tangerang lolos ke semifinal setelah menang atas PP Al Ikhlas DKI Jakarta dengan skor 3-0. 

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015