Sudah dipastikan peledakan ini menggunakan granat, jenisnya manggis yang berbentuk bulat
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Krishna Murti menuturkan pelaku peledakan di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, menggunakan granat manggis.

"Sudah dipastikan peledakan ini menggunakan granat, jenisnya manggis yang berbentuk bulat," ujarnya usai melakukan pemeriksaan tempat kejadian perkara (TKP) di Duren Sawit, Jakarta, Senin.

Krishna menjelaskan alat peledak jenis manggis ini, sulit didapatkan masyarakat. Selain itu, granat ini dijual dengan jumlah terbatas di pasaran.

"Ini akan kami kembangkan lebih jauh, cara mendapatkan dan dari mananya," tambahnya.

Kepolisian sebelumnya juga menduga pelaku berasal dari kalangan profesional, yang sempat mendapatkan pelatihan melempar granat.

Dugaan ini didapatkan berdasarkan hasil awal olah TKP yang menemukan lokasi pelemparan granat manggis tersebut, berada tepat di depan halaman, dekat pintu masuk utama Gedung Multi Meranti Graha.

Sebuah ledakan telah terjadi di Jalan Radin Inten II, kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (16/11), sekitar pukul 03.30 WIB. Ledakan yang menghancurkan pintu masuk Gedung Multi Meranti Graha itu dipastikan berasal dari granat yang dilempar ke halaman kantor empat lantai tersebut.

Tim gabungan penyelidikan di TKP telah menemukan serpihan, pemicu atau pin, dan pengaman granat di antara serpihan kaca yang meledak.

Peristiwa yang terjadi ini membuat pintu kaca setinggi dua setengah meter itu hancur, serta menyebabkan Mulana, seorang petugas keamanan kantor tersebut, terluka di bagian dada akibat terkena serpihan kaca dan dirawat di RS Pondok Kopi, Jakarta Timur.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015