counter

Menteri Yohana: Anak SD dilarang bawa HP ke sekolah

Menteri Yohana: Anak SD dilarang bawa HP ke sekolah

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise (ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengatakan akan menyerukan larangan membawa ponsel ke sekolah bagi anak-anak tingkat sekolah dasar (SD).

"Anak-anak SD tidak boleh membawa HP ke sekolah. Saat ini kami sedang membuat kajian, selanjutnya kami analisis dan lanjutkan pada kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk sampaikan ke sekolah-sekolah," kata Menteri Yohana, di Jakarta, Jumat.

Ia juga mengimbau agar orang tua selalu memantau penggunaan gadget anak-anak mereka untuk menghindari hal-hal yang buruk misal anak mengakses situs pornografi.

"Sebenarnya, gadget untuk anak SD itu sudah menyalahi aturan. Masa anak-anak kecil sudah pegang HP. Orang tua harus kontrol, ada jam-jam tertentu anak pegang HP, selebihnya ada waktu untuk orang tua dan anak," jelasnya.

Terkait larang membawa ponsel ke sekolah bagi anak-anak, lanjut Yohana, pemerintah juga akan melakukan sosialisasi tidak hanya kepada sekolah tetapi juga orang tua murid.

Pada kesempatan tersebut, ia juga meminta agar orang tua memberi perlindungan terhadap anak-anak mereka sejak dini.

"Anak-anak sekarang sebagian besar waktunya sudah habis di sekolah. Pola pengasuhan orang tua perlu ada. Anak-anak jangan dibuat seperti robot, disuruh belajar terus. Tetap hak dan perlindungan terhadap anak-anak harus dijaga," tutur Yohana.

Pewarta: Monalisa
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Menteri PPPA tekankan pentingnya keluarga dalam melindungi anak

Komentar