Muara Teweh (ANTARA News) - Ratusan pendukung Ujang Iskandar dan Jawawi (UJ) --pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah yang dibatalkan keikutsertaannya dalam Pilkada-- melakukan aksi demo damai di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara di Muara Teweh, Senin.

Aksi demo ini untuk menyampaikan tuntutan kepada KPU agar pasangan UJ bisa mengikuti pemilihan kepala daerah Kalteng pada 9 Desember 2015 dengan pengawalan ketat dari petugas Polres Barito Utara.

Koordinator aksi pendukung UJ di Barito Utara, Pujiono mengatakan pihaknya pada hari ini berkumpul di KPU untuk menyampaikan tuntutan kepada KPU dalam hal ini KPU RI.

"Kami tidak akan tinggal diam dan tidak akan melepas tuntutan kami agar pasangan calon gubernur dan wakil gubernur UJ bisa mengikuti kembali pencalonan dalam pilgub Kalteng. Aksi demo damai ini kami lakukan untuk memprotes tindakan KPU yang telah mencoret pasangan nomor urut tiga," kata Pujiono.

Koordinator aksi pendukung UJ lainnya, Rusiani menegaskan demontrasi dilakukan pihaknya ini merupakan aksi damai dan ingin memprotes tindakan KPU RI yang mencoret dan membatalkan pasangan Ujang-Jawawi pasangan calon nomor urut 3.

Kabag Ops Polres Barito Utara Kompol Mulkaifin mengatakan bahwa pihaknya akan mengawal, mengamankan kegiatan demo yang menyampaikan aspirasinya di KPU Barito Utara.

Ia meminta pengunjukrasa menyampaikan aspirasinya secara tertib, aman dan lancar, serta menghindari tindakan yang melanggar hukum.

Pewarta: Kasriadi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015