Bogor, Jawa Barat (ANTARA News) - Pemerintah Hiroshima, Jepang akan membantu pengelolaan sampah di Kota Bogor, Jawa Barat, kata direktur tim proyek Pemerintah Kota Hiroshima, Takashi Inoue, di Balai Kota Bogor, Senin.

Kedatangan Takashi diterima langsung oleh Wali Kota Bogor, Bima A Sugiarto, yang menyambut itikad baik Pemerintah Hiroshima dalam membantu menangani masalah sampah di kotanya.

Sebagai realisasi bantuan yang diberikan, pada Juni 2016, pemerintah Kota Hiroshima akan melakukan kajian kegiatan-kegiatan masyarakat dalam pengelolaan sampah dengan dukungan anggaran sebesar 50 juta yen.

Menurut Bima, bantuan yang diberikan dalam bentuk pelatihan kepada pihak-pihak terkait pengelolaan sampah dan pendampingan di lakukan di beberapa titik yang sudah ditentukan.

"Sejauh ini lokasi yang disepakati di wilayah Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan," kata Bima.

Bima mengatakan, pengelolaan sampah di Kelurahan Rangga Mekar telah berjalan, saat ini sudah terdapat bank sampah, masyarakatnya juga sudah belajar cara mengolah sampah secara ekonomis dengan menghasilkan kompos dan produk daur ulang.

Untuk meningkatkan hal tersebut, kata Bima, diperlukan pengembangan penggunaan teknologi yang dapat memanfaatkan sampah sebagai sumber energi alternatif.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015