Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher optimistis pelaksanaan Pilkada Serentak 2015 di Provinsi Jabar yang tinggal beberapa hari lagi akan berjalan aman.

"Sejauh ini lancar, tidak ada hambatan. Jabar relatif mudah, jangkauan ke semua daerah gampang, kan transportai sudah jalan," katanya di Bandung, Rabu.

Ia juga mengingatkan agar para pegawai negeri sipil (PNS) Pemprov Jawa Barat bersikap netral pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2015.

"Tentunya PNS harus netral, kalau tidak netral UU yang berlaku, ada beberapa yang kena seperti kades kena tanda penegakan hukum berjalan, kalau ada salah ya sesuai dengan ketentuan berlaku saja," kata Aher.

Menurut dia, kesuksesan Pilkada Serentak Jawa Barat salah satunya dapat dilihat apabila tidak ada keterlibatan dari para abdi negara terutama dalam kegiatan kampanye.

Ia mengatakan PNS dianggap telah melakukan suatu pelanggaran jika terlibat langsung maupun tidak langsung sebagai tim sukses dari sebuah pasangan calon.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini mengimbau kepada semua warga yang daerahnya melaksanakan Pilkada Serentak 2015 untuk mempergunakan hak pilihnya atau tidak golput.

"Imbauan saya laksanakan dengan baik, jamin masyarakat untuk berikan suara dengan hati nurani tanpa paksaan, tanpa hambatan, jaga keamanan dengan baik karena suara yang diberikan menentukan nasib daerahnya ke depan," kata dia. 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015