Mari kita jaga netralitas, laksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Insya Allah kita mampu melaksanakan pilkada yang aman, damai, dan demokratis,"
Medan (ANTARA News) - Penjabat Wali Kota Medan Randiman Tarigan secara moral mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara di jajaran pemerintahan daerah setempat untuk tetap menegakkan sikap netral pada pilkada Kota Medan yang berlangsung 9 Desember 2015.

"Mari kita jaga netralitas, laksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Insya Allah kita mampu melaksanakan pilkada yang aman, damai, dan demokratis," katanya di Medan, kemarin.

Ia mengatakan, kedudukan yang wajib netral bagi segenap aparatur tentunya sesuatu yang tidak dapat ditawar-tawar dan tidak dapat ditoleransi sekecil apapun penyelenggaraannya.

"Jadi sekali lagi secara moral saya mengajak mari kita menegakkan sikap netral pada pilkada Kota Medan Tahun 2015," katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan deteksi dini, sehingga seluruh tahapan pilkada Kota Medan dapat diselenggarakan dengan baik dan lancar yang mebutuhkan persiapan yang terintegrasi dan menyeluruh dari semua pihak.

Artinya, KPU, Pawaslih, serta seluruh satuan pengamanan yang sudah dipersiapkan harus siap.

Jauh lebih penting lagi, kata dia, masing-masing pasangan calon dan tim suksesnya, termasuk masyarakat pemilih secara keseluruhan juga harus siap.

"Untuk itu semua pihak harus memiliki komitmen moral dan etika politik untuk bersama-sama mendukung sepenuhnya pilkada yang demokratis dan damai," katanya.

Ia juga mengajak semua pihak agar mewaspadai dan selalu mengantisipasi kemungkinan adanya potensi terjadinya konflik struktural mau pun konflik sosial dalam penyelenggaran pilkada nantinya.

"Saya berharap seluruh unsur pengamanan yang sudah ditetapkan dapat bekerja optimal. Dengan demikian pelaksanaan pilkada Kota Medan menjadi contoh penyelenggaraan pilkada yang berkualitas, demokratis, damai dan penuh rasa kekeluargaan," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015