Bandung (ANTARA News) - DPRD Jawa Barat akan memantau langsung pelaksanaan pilkada serentak 9 Desember 2015 di delapan kabupaten/kota yakni Kota Depok, Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Karawang, Bandung, Pangandaran, Tasikmalaya dan Kabupaten Indramayu.

"Kami akan melakukan pemantauan secara langsung bagi terutama teman-teman di Komisi I DPRD Jabar dan memantau bagaimana pelaksanaannya di daerah yang melaksanakan pilkada serentak," kata Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari di Bandung, Senin.

Politisi dari Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat itu juga mengajak masyarakat untuk mempergunakan hak pilihnya karena suara mereka menentukan nasib daerahnya untuk lima tahun ke depan.

"Semua masyarakat akan menentukan bagaimana pilkada itu berjalan dengan baik, menghasilkan hasil yang betul-betul seperti yang diharapkan dan berkualitas," kata dia.

Ia pun mengingatkan masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan praktik politik uang atau "serangan fajar" saat pelaksanaan pilkada serentak.

"Kami berharap itu tidak terjadi sehingga hasil pilkada serentak itu betul-betul hasil yang diharapkan dan pilkadanya tidak ada kekurangan termasuk money politik," ujar Ineu.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan optimistis pelaksanaan Pilkada Serentak 2015 di Provinsi Jabar akan berjalan aman.

"Sejauh ini lancar, tidak ada hambatan. Jabar relatif mudah, jangkauan ke semua daerah gampang, kan transportai sudah jalan," katanya.

Ia juga mengingatkan agar para pegawai negeri sipil (PNS) Pemprov Jawa Barat bersikap netral.

"Tentunya PNS harus netral, kalau tidak netral UU yang berlaku, ada beberapa yang kena seperti kades kena tanda penegakan hukum berjalan, kalau ada salah ya sesuai dengan ketentuan berlaku saja," kata Gubernur.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015