Yogyakarta (ANTARA News) - Kota Yogyakarta tidak menggelar pemilihan kepala daerah secara serentak pada Rabu (9/12), namun sejumlah pelayanan umum di lingkungan pemerintah daerah tersebut diliburkan termasuk poliklinik RS Jogja.

"Karena pada Rabu (9/12) ditetapkan sebagai libur nasional, maka pelayanan poliklinik dan administrasi di RS Jogja juga diliburkan," kata Direktur Utama RS Jogja Tuty Setyowati di Yogyakarta, Selasa.

Namun demikian, Tuty memastikan bahwa hanya layanan berobat rawat jalan atau poliklinik saja yang libur sedangkan layanan instalasi gawat darurat tetap akan memberikan pelayanan selama 24 jam.

"Layanan di poliklinik akan kembali normal mulai Kamis (10/12)," tambahnya yang berharap masyarakat bisa mengetahui informasi tersebut sehingga tidak kecewa.

Sementara itu, layanan di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta juga dipastikan mengikuti libur nasional pada Rabu (9/12), sehingga sejumlah layanan publik pun libur.

"Layanan publik seperti pengurusan izin, administrasi kependudukan atau layanan lain di kecamatan dan kelurahan libur saat pemilihan kepala daerah serentak," kata Kepala Bagian Organisasi Pemerintah Kota Yogyakarta Kris Sardjono Sutejo.

Sedangkan layanan yang sifatnya mendesak seperti kesehatan bisa dilayani di instalasi gawat darurat RS Jogja atau penanggulangan bencana tetap dilayani oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta.

Kris mengatakan, sudah menyampaikan surat edaran terkait libur nasional kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan instansi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Seluruh SKPD dan instansi sudah diminta memasang informasi tersebut sehingga masyarakat bisa mengetahuinya," katanya.

Meskipun libur, namun Kris meminta seluruh SKPD dan instansi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta menerapkan sistem piket dan mengatur secara mandiri karyawan yang menjalankan tugas tersebut.

"Ada beberapa karyawan dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta yang berstatus sebagai penduduk di beberapa kabupaten yang pada Rabu (9/12) akan melaksanakan pemilihan kepala daerah," katanya.

Libur nasional tersebut, lanjut dia, diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh karyawan dan pegawai untuk menggunakan hak pilihnya guna memilih bupati dan wakil bupati. Sejumlah kabupaten di DIY yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah adalah Sleman, Bantul dan Gunungkidul.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015