Solo (ANTARA News) - Warga RT 03/RW 04 Kampung Tegalmulyo, Nusukan, Banjarsari, Solo, menggunakan bus pariwisata sebagai tempat pemungutan suara (TPS) dalam pemilihan kepala daerah Surakarta.

"Kami memang sengaja menggunakan bus sebagai bilik di TPS tujuh untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan mereka antusias hadir memberikan suaranya," kata Arief, Ketua RT03 Tegalmulyo dan ketua TPS tujuh di Tegalmulyo, Selasa.

Arief mengatakan ada 500 orang yang terdaftar sebagai pemilih tetap di Rukun Warga 04 yang meliputi enam Rukun Tetangga. Mereka akan menggunakan hak pilih di dua TPS. Sebanyak 286 di antaranya terdaftar di TPS Tujuh.

Dia mengatakan pada pemilihan gubernur Jawa Tengah sebelumnya hanya 70an persen warga yang menggunakan hak pilih di TPS itu dan pada pemilihan wali kota dan wakil wali kota angka partisipasi warga ditargetkan sampai 100 persen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta Agus Sulistyo mengatakan 100 persen kebutuhan logistik pemilihan kepala daerah sudah disalurkan hingga ke tingklat kelurahan dan TPS.

Ada 399.915 orang dalam daftar pemilih tetap yang akan menggunakan hak pilih di 1.000 TPS yang tersebar di empat kecamatan pada pemilihan kepala daerah Surakarta pada 9 Desember.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015