Semarang (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada serentak 2015 menggembirakan, dengan tingginya jumlah pemilih yang menggunakan haknya.

"Yang menggembirakan, dari laporan yang ada, tingkat partisipasi pemilih tinggi di seluruh Indonesia. Di Semarang sendiri di atas 70 persen," ujar Tjahjo ketika meninjau pelaksanaan Pilkada Semarang di TPS 10 Perguruan Taman Siswa Mlatiharjo, Semarang, Jawa Tengah, Rabu.

Meski demikian, ujarnya, praktik politik uang diperkirakan banyak terjadi. Di Semarang, praktik politik uang ditemukan terjadi di tiga wilayah.

"Di Semarang partisipasi tinggi tapi money politic tinggi juga. Berdasarkan laporan, ada tiga wilayah yang ditemukan melakukan money politic," ujar dia.

Temuan kasus kecurangan itu akan dievaluasi apakah jumlahnya lebih banyak dari lima tahun sebelumnya, dan akan menjadi acuan dalam perbaikan aturan ke depan sehingga praktik tersebut dapat dicegah.

Pilkada Semarang diikuti tiga pasangan calon yakni Soemarmo-Zuber Safawi, Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu, Sigit Ibnugroho Sarasprono-Agus Sutyoso.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015