Padang (ANTARA News) - Tempat Pemungutan Suara berjalan yang disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat, membantu menjangkau pemilih yang berhalangan hadir menyalurkan suara di TPS.

"TPS berjalan ini membantu masyarakat yang berhalangan ke TPS karena dirawat di rumah sakit yang terdekat dari TPS," kata Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Padang Timur Rahma Yeni di Padang, Rabu.

Ia mengatakan, TPS berjalan tersebut menjangkau pemilih yang dirawat di Rumah Sakit Bersalin Yos Sudarso.

"Untuk penghitungan suara, akan digabungkan dengan TPS 04, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Barat yang jaraknya hanya beberapa meter dari rumah sakit tersebut," katanya.

Dari TPS berjalan untuk RSB Yos Sudarso tersebut, ia menjelaskan terdapat 23 orang pemilih. Sebanyak 12 pemilih menggunakan KTP dan 11 pemilih menggunakan formulir A5.

Proses pemungutan suara melalui TPS Berjalan tersebut berlangsung lancar karena sebelumnya telah ada koordinasi antara pihak rumah sakit dan penyelenggara pemilu.

Ia mengharapkan, dengan adanya TPS berjalan tersebut dapat membantu memudahkan masyarakat dalam menyalurkan haknya dan ikut memeriahkan pesta demokrasi.

Sementara itu, Ketua KPU Padang M. Sawati mengatakan, pelaksanaan pemungutan suara melalui TPS Mobile dilakukan dari pukul 12.00 WIB hingga selesai menjangkau semua pemilih di RS yang telah terdaftar.

"Rumah sakit yang mengirimkan data NIK pasiennya hanya RSB Yos Sudarso sehingga hanya rumah sakit itu saja yang dapat dilakukan pemilu melalui TPS berjalan," ujarnya.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015