Hingga kini belum semua tempat pemungutan suara (TPS) yang telah menyerahkan kotak suara hasil pencoblosan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing kelurahan,"
Palu, Sulteng (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum menyatakan pemungutan suara pilkada gubernur dan wali kota di Palu yang berlangsung 9 Desember 2015 berjalan lancar dan aman.

"Hingga kini belum semua tempat pemungutan suara (TPS) yang telah menyerahkan kotak suara hasil pencoblosan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing kelurahan," kata komisioner KPU Palu Agusalim Wahid, Rabu.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan komisoner KPU di beberapa TPS, pemungutan suara berlangsung dan berakhir sesuai waktu yang telah ditetapkan.

Waktu pemungutan suara di mulai dari pukul 07.00 sampai 13.00 Wita.

Dia mengaku hingga kini, KPU Palu belum mendapatkan laporan atau informasi adanya kendala dan hambatan pelaksanaan pemungutan suara gubernur dan wali kota.

Begitu pula belum ada laporan adanya gangguan selama pemungutan suara berlangsung.

"Dan saya berharap tidak ada hal buruk yang terjadi selama pemungutan suara," kata Agusalim.

Dia juga berharap tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Gubernur Sulteng dan Wali Kota Palu 2015 ini meningkat dari Pileg dan Pilpres 2014.

Pada pilkada kali ini, KPU menargetkan partsipasi pemilih meningkat hingga mencapai 80 persen. Pada pemilu legislatif dan Pipres hanya sekitar 76 persen.

Agusalim menjelaskan kotak suara pilkada gubernur dan wali kota dari TPS diserahkan ke PPS di tiap kelurahan dan selanjutnya PPS akan menyerahkan kepada PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan).

"Tetapi perhitungan/rekapitulasi hasil pencoblosan akan dilakukan di PPK," kata dia.

Berbeda dengan pemilu legislatif dan Pilpres 2014, perhitungan dan rekapitulasi suara dilakukan di PPS. "Tapi sekarang langsung di PPK," katanya.

Rekapitulasi hasil pemungutan suara baru akan dilakukan di tingkat kecamatan pada 10-16 Desember 2015.

Seorang petugas Polres Palu yang mengawal pada salah satu TPS di Kelurahan Tatura Selatan, Dalang mengatakan pemungutan suara pilkada gubernur dan wali kota berlangsung aman dan lancar.

"Tidak ada gangguan, " kata dia.

Pewarta: Anas Masa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015