Palu (ANTARA News) - Komisioner KPU Palu, Agusalim Wahid mengatakan baru tiga dari delapan kecamatan di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah yang sudah mulai melakukan perhitungan dan rekapitulasi hasil pilkada gubernur dan wali kota yang berlangsung serentak 9 Desember 2015.

"Tiga kecamatan itu adalah Ulujadi, Palu Barat dan Tatanga," katanya di Palu, Jumat.

Ketiga kecamatan tersebut sudah melakukan penghitungan dan rekapitulasi hasil pemungutan suara pilkda Gubernur Sulteng dan Wali Kota Palu sejak Kamis (10/12).

Sementara hari ini, kata Agus hanya ada satu kecamatan yang akan melakukan perhitungan dan rekapitulasi hasil pemungutan suara dari setiap TPS di wilayah itu.

Sesuai jadwal yang ditetapkan KPU, perhitungan dan rekapitulasi akan berlangsung dari 10-16 Desember 2015 untuk tingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan).

Perhitungan dan rekapitulasi hasil pemungutan suara pilkada gubernur dan wali kota 2015 berbeda dengan Pileg dan Pilpres 2014.

Pada Pileg dan Pilpres 2015, perhitungan dan rekapitulasi dilakukan mulai dari tingkat PPS (Panitia Pemungutan Suara) di kelurahan. Sedangkan pada pilkada ini, perhitungan dan rekapitulasi dilakukan langsung di PPK di tiap kecamatan.

Untuk sementara hasil perhitungan cepat perolehan suara terbanyak pilkada gubernur di Sulteng, pasangan calon gubernur nomor urut 2 (Longki/Ihmaw) masih di atas.

Perolehan suara terbanyak sementara pilkada Wali Kota/Wakil Wali Kota Palu pasangan calon nomor urut 1 (Hidayat/Sigit Purnomo Said).

Pewarta: Anas Masa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015