Yogyakarta (ANTARA News) - Keberadaan Warung Prancis di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta diharapkan dapat menjadi pusat informasi berbagai hal yang berkaitan dengan Prancis mulai dari kebudayaan, bahasa, pendidikan, dan masyarakatnya.

"Warung Prancis yang diinisiasi Universitas Islam Indonesia (UII) dan Institut Francais dIndonesie (IFI) itu dapat diakses seluruh civitas akademika," kata Rektor UII, Harsoyo, di Yogyakarta, Senin.

Pada pembukaan Warung Prancis di kompleks Gedung Perpustakaan Mohammad Hatta UII, Harsoyo, mengatakan para mahasiswa dapat dengan mudah mengakses pusat informasi itu sehingga diharapkan turut meningkatkan minat mereka untuk belajar ke negeri Menara Eiffel itu.

"Hal itu merupakan inisiatif yang bagus untuk meningkatkan kerja sama yang terjalin antara UII, pemerintah Prancis, dan pelaku pendidikan yang ada di kedua negara," katanya.

Menurut dia, para mahasiswa UII diharapkan dapat memanfaatkan keberadaan Warung Prancis untuk meningkatkan wawasan dan minat belajar terhadap kebudayaan dari negara lain.

"Saat ini ada dua mahasiswa UII yang sedang belajar di Prancis dan salah satunya baru saja dilantik menjadi Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di Paris," kata Harsoyo.

Pewarta: Bambang S Hadi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015