Jakarta (ANTARA News) - Calon pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengatakan bahwa kurang tepat jika dikatakan target komisi antirasuah adalah untuk menghukum orang.

"Target KPK pasti bukan hanya menyelamatkan uang negara. Kalau targetnya dikatakan menghukum orang juga kurang tepat," katanya saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan calon pemimpin KPK dengan Komisi III DPR di Jakarta, Rabu.

"Target KPK itu antara lain juga bagaimana IPK (Indeks Persepsi Korupsi) kita bisa setara misalnya dengan Malaysia," katanya.

Upaya mencapai target tersebut, menurut Agus, harus dilakukan bersinergi dengan lembaga penegak hukum lain seperti kepolisian dan kejaksaan serta melibatkan masyarakat.

Agus juga menekankan bahwa yang terpenting bagi KPK adalah mencapai tujuan untuk menurunkan angka korupsi.

"Kalau saya tidak perlu gaduh, tetapi tujuannya tercapai, menurunkan angka korupsi," ujar Agus.

Agus merupakan calon pemimpin KPK yang menilai komisi antirasuah tidak boleh melakukan penjebakan dalam melaksanakan tugasnya. Bagi Agus penjebakan tidak sesuai dengan norma maupun kepatutan.

Hari ini Komisi III DPR kembali melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap sejumlah calon pemimpin KPK. Proses yang berlangsung sejak Senin (14/12) ini dijadwalkan berakhir hari ini.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015