Jakarta (ANTARA News) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah melayani 267 penyeberangan di lintasan Merak-Bakauheni yang tercatat sejak 18 hingga 20 Desember 2015 atau naik 5,1 persen dibandingkan periode sama tahun lalu, sebanyak 254 penyeberangan.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Christine Hutabarat dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, mengatakan total penumpang sebanyak 99.791 orang atau rata-rata 7.000 orang penumpang yang diangkut per hari.

"Kami optimistis layanan angkutan jasa penyeberangan, khususnya di lintasan Merak-Bakauheni dapat terlayani dengan baik selama periode angkutan Natal dan Tahun Baru 2016," katanya.

Dia mengatakan dari total 57 unit kapal yang terdaftar, 28 unit kapal dioperasikan tiap harinya di lintasan tersibuk itu.

Christine mengungkapkan, ada kecendrungan kenaikan trafik selama periode angkutan Natal dan Tahun Baru 2016, baik dari segi penumpang, kendaraan roda dua, dan kendaraan roda empat, dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

"Sejak akhir pekan lalu, lalu lintas penumpang dan kendaraan meningkat. Namun, karena waktu libur relatif panjang, kenaikan trafik jauh lebih terdistribusi. Hingga Senin (21/12) sore hari, arus penumpang dan kendaraan berjalan normal, tidak terjadi antrian," kata katanya.

Adapun, lalu lintas penumpang naik 13,1 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyakk 88.269 orang.

Sedangkan, lanjut dia, jumlah kendaraan, total mencapai 20.641 unit atau naik sekitar 6,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 19.354 unit kendaraan.

"Karakteristik penumpang untuk pejalan kaki lebih banyak yang menyeberang pada pagi dan siang hari, sedangkan kendaraan pribadi lebih memilih waktu sore dan malam hari.

Christine menyebutkan rekor tertinggi kendaraan, jumlah kendaraan roda dua dari 1.893 unit tahun lalu menjadi 2.242 unit sepeda motor atau naik sekitar 18,4 persen, mobil pribadi juga naik sekitar 17,4 persen, dari 8.799 unit kendaraan tahun lalu, menjadi 10.334 unit.

Petugas loket penumpang Lukman Hakim mengakui, sejak Senin (21/12) pagi, penumpang pejalan kaki terus mengalir.

"Hari ini cukup ramai, walaupun tidak sepadat akhir pekan. Walau masih dalam tahap sosialisasi menggunakan e-ticketing, penumpang sudah semakin familiar, dan tertib saat melakukan tapping," katanya.

Di pelabuhan Merak, ASDP menyiapkan lima dermaga, 12 "toll gate" dan sembilan loket penumpang.

Sama halnya, di Pelabuhan Bakauheni, enam dermaga, delapan "toll gate" dan delapan loket penumpang juga sudah dipersiapkan untuk menghadapi angkutan Natal dan Tahun Baru 2016. 

Pewarta: Juwita TR
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015