Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Hortikulutra menyatakan tidak ada rencana impor bawang merah pada tahun 2016.

"Belum ada rencana impor bawang merah, kami optimis," kata Direktur Jenderal Hortikultura Spudnik Sujono ketika menggelar jumpa pers di Jakarta, Senin.

Ia juga menjelaskan bahwa hingga saat ini pasokan bawang merah untuk seluruh daerah di Indonesia masih aman.

Ia mencontohkan, sebelumnya, petani bawang merah di DKI Jakarta berhasil melakukan panen perdana bawang merah sebanyak 15 ton di areal seluas 1,5 hektare di Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres Jakarta Barat.

Bawang merah hasil petani tersebut siap dibeli oleh PD Pasar Jaya, perusahaan pasar milik Pemda DKI, dengan harga Rp11.000/kg basah.

Saat ini, lanjutnya, harga bawang merah di pasaran untuk kualitas kering sebesar Rp40.000/kg sedangkan kondisi basah sebesar Rp10.000/kg.

Selain itu, ia meminta masyarakat untuk memanfaatkan ruang terbuka hijau, baik berupa lahan telantar maupun tanah-tanah pekarangan guna mengembangkan tanaman sayur-sayuran khususnya secara organik karena harganya lebih tinggi dibandingkan sayuran biasa.


Pewarta: Afut Syafril
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015