Jambi (ANTARA News) - Kepala Polda Jambi, Brigadir Jenderal Polisi Lutfi Lubihanto, menegaskan akan menerapkan pengamanan maksimal terkait perayaan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 bisa berjalan aman dan tertib.

"Salah satu yang diantisipasi, adalah aksi teror dan sejauh ini indikasi teror belum ditemukan namun demikian, kita tetap waspada dan berkoordinasi dengan Forkopimda untuk langkah antisipasi," kata Lubihanto, usai apel gelar Pasukan Operasi Lilin 2015 di lapangan Kantor Gubernur Jambi, Rabu.

Meski saat ini situasi kamtibmas masih kondusif, namun diingatkan kepada semua pihak agar tidak lengah dan polisi akan mendeteksi dini terhadap potensi kerawanan tetap harus dilakukan.

"Kami juga menyiapkan pasukan anti teror dan anti rusuh massa," kata dia. 

Dia juga mengatakan, untuk memastikan perayaan Natal dan Tahun Baru aman, nantinya personel yang bertugas di lapangan juga akan melakukan pengamanan ketat di gereja maupun tempat ibadah lainnya.

Nantinya setiap jemaat yang datang ke gereja akan diperiksa. Ini sebagai langkah antisipasi agar tidak adanya penyusup yang dapat mengganggu jalannya perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Setiap jemaat yang hadir akan diperiksa. Kita akan memastikan yang datang adalah mereka yang benar-benar ingin beribadah, tidak ada maksud lain," kata Lutfi.

Untuk mengamankan Natal dan tahun baru ini Polda Jambi menyiagakan 1.473 personel untuk mengikuti Operasi Lilin 2015.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015