Pekanbaru (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Riau menyebutkan akan menyiagakan 66 pos pengamanan pada perayaan Natal 25 Desember 2015 di wilayah tersebut.

"Pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 ini kami menyediakan 66 pos pengamanan, yang terdiri dari pos pengamanan 42 dan pos pelayanan 24," ungkap Kapolda Riau Brigjen Pol. Dolly Bambang Hermawan, pada acara apel gelar pasukan operasi lilin Siak tahun 2015 dalam rangka pengamanan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 di halaman SPN, Pekanbaru, Rabu.

Dolly Bambang Hermawan, menjelaskan, pada perayaan Natal dan tahun baru 2016 pihaknya juga mengerahkan personil kepolisian dan iluar kepolisian.

"Yang dilibatkan secara keseluruhan termasuk instansi terkait dan dari polri sendiri ada 2.740 orang. Dengan rincian dari instansi terkait 1.643 orang dan termasuk didalamnya TNI dengan jumlah 243 personil," bebernya.

Jumlah ini jelasnya lebih jauh disebar pada sejumlah pos yang sudah ditentukan. Tujuannya untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2016.

"Adapun jumlah gereja yang akan diamankan se Riau mencapai 1.066,"tuturnya.

Apel siaga ini tambah dia untuk memastikan kesiapan segala personil dan hal-hal yang dibutuhkan pada saat perayaan. Selain juga jelas mengantisipasi agar tidak terjadi kericuhan dan kondisi yang mengancam kenyamanan dan keselamatan warga Riau, khususnya bagi yang merayakan Natal dan Tahun Baru.

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi yang menghadiri upacara tersebut, menyampaikan apresiasinya. Karena apa yang dilakukan adalah penting untuk pengamanan khususnya dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2016.

Diakuinya pengamanan yang digelar oleh Kepolisian dan TNI dalam operasi lilin Siak tahun 2015 akan berlangsung selama 10 hari di mulai dari tanggal 24 Desember 2015 sampai 02 Januari 2016.

"Kami dari pihak pemerintah kota Pekanbaru mengucapkan terimakasih kepada TNI dan Polri serta instansi terkait yang ikut demi terciptanya keamanan, ketertiban dan kenyaman di Kota Pekanbaru," tutur Ayat.

Menurut Ayat, dengan situasi kota yang aman, tertib dan nyaman maka akan menarik investor untuk menanamkan modalnya di Kota Pekanbaru.

"Kami menghimbau kepada masyarakat Kota Pekanbaru agar selalu meningkatkan produktifitas ditahun 2016," pungkasnya.

Pewarta: Netty M/Vera L
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015