Masyarakat sudah cerdas dalam berdemokrasi, berbeda pilihan tetapi tetap cinta damai dan tetap bersatu,"
Koba (ANTARA News) - Pejabat Sementara Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sunardi memberikan apresiasi atas sikap berdemokrasi masyarakat dalam Pilkada 9 Desember 2015.

"Masyarakat sudah cerdas dalam berdemokrasi, berbeda pilihan tetapi tetap cinta damai dan tetap bersatu," ujarnya di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, pelaksanaan pilkada di Bangka Tengah berjalan damai dan aman tanpa ada konflik horizontal kendati berbeda pilihan.

"Sikap demikian patut mendapat apresiasi karena menunjukkan bahwa masyarakat cukup cerdas dan sudah dewasa dalam berdemokrasi," ujarnya.

Demikian juga kerja keras para penyelenggara Pilkada patut dihargai karena berhasil menyukseskan pesta demokrasi dengan benar atau sesuai tahapan.

"Semuanya berjalan sesuai dengan harapan, kendati memang partisipasi pemilih belum mencapai target tetapi sudah ada upaya maksimal," ujarnya.

Ia menjelaskan, di antara tugas utama Pjs Bupati Bangja Tengah adalah menyukseskan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 dan itu terlaksana sesuai harapan.

"Kami juga memberikan apresiasi kepada aparat kepolisian yang benar-benar konsentrasi dalam melakukan pengamanan untuk menciptakan suasana yang kondusif," ujarnya.

Menurut dia, berbagai pihak memberikan peran sesuai dengan kapasitas masing-masing dalam menyukseskan pesta demokrasi.

"Termasuk peran media massa yang merupakan pilar keempat dalam menciptakan kehidupan berdemokrasi di daerah ini," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015