Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya bersama instansi terkait mengantisipasi arus balik libur pendek pasca perayaan Natal.

"Kami rapat koordinasi dalam rangka arus balik masyarakat yang kembali dari liburan," kata Kapolda Metro Jaya Irjenpol Tito Karnavian di Jakarta Sabtu.

Tito mengaku tengah bmempersiapkan pengamanan dan antisipasi arus balik dari Cikampek ke Jakarta, selain menyiagakan petugas pada jalur Puncak dan Ciawi lewat Tol Jagorawi, serta kendaraan dari Merak Banten yang melintasi Tol Tangerang-Jakarta.

Mantan Kapolda Papua itu memperkirakan terjadi arus balik kendaraan menuju Jakarta pada Senin (27/12) mulai pukul 13.00 WIB hingga sore dan malam hari.

Tito beralasan masyarakat akan kembali beraktifitas di Jakarta mulai Senin hingga Kamis pekan depan sebelum masuk libur Tahun Baru keesokan harinya.

Petugas gabungan juga menyiapkan pengalihan kendaraan saat lalu lintas padat di pintu masuk tol.

Contohnya kendaraan dari Bandung menuju Jakarta dialihkan masuk arteri Karawang-Bekasi yang disiapkan pos pengamanan dari Polri dan Dinas Perhubungan.

Selanjutnya, pengelola jalan tol PT Jasa Marga membuka akses jalur lebih luas seperti pemberlakuan "contra flow" dari wilayah Cikampek ke Jakarta.

Antisipasi lainnya penempatan petugas pada lokasi istirahat dan bahu jalan yang rawan terjadi kemacetan karena pengemudi memarkirkan kendaraan untuk beristirahat.



Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015