Sumenep, Madura, Jawa Timur  (ANTARA News) - Kapal barang yang mengangkut bahan material untuk pembangunan dermaga di Desa Karamian, Pulau Karamian, tenggelam di perairan sebelah barat Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

"Tenggelamya kapal barang tersebut diketahui setelah tujuh awak kapal tenggelam itu diselamatkan oleh awak perahu nelayan asal Jawa Tengah yang melintas di perairan sebelah barat Pulau Masalembu. Kapal barang tersebut tenggelam pada Jumat (25/5)," ujar Sekretaris Desa Karamian Amirullah melalui telepon di Sumenep, Sabtu malam.

Saat ini, kata dia, tujuh awak kapal barang yang tenggelam itu ditampung di rumah Mustakim, warga Dusun Sumberhidup, Desa Karamian.

"Tujuh awak kapal barang itu berhasil diselamatkan awak perahu asal Jawa Tengah pada Sabtu siang dan selanjutnya ditampung di rumah Pak Mustakim," kata dia.

Amirullah mengemukakan, kapal barang tersebut berangkat dari Surabaya dengan Pulau Karamian dengan mengangkut bahan-bahan material pembangunan dermaga setempat.

Sumenep terdiri atas 27 kecamatan dan sembilan di antaranya berada di wilayah kepulauan, salah satunya Kecamatan Masalembu.

Desa Karamian adalah salah satu desa di Kecamatan Masalembu yang merupakan pulau terpisah dari ibu kota Kecamatan Masalembu di Pulau Masalembu.

Dalam kondisi cuaca normal, perjalanan laut dari Pulau Masalembu ke Pulau Karamian membutuhkan waktu sekitar enam jam dengan perahu motor.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015