Bandung (ANTARA News) - Sejumlah lokasi wisata perkemahan di Kabupaten Bandung diserbu kawula muda yang menghabiskan waktu liburan akhir tahun di alam terbuka.

"Kebetulan dalam dua hari terakhir tidak ada hujan, jadi lebih enjoy kempingnya," kata Andri Hermawan, pemuda asal Kota Bandung yang berkemping di kawasan Rancaupas Ciwidey Kabupaten Bandung, Minggu.

Andri bersama sejumlah kawula muda lainnya mendirikan tenda di kawasan hutan di kawasan Bandung Selatan itu. Ia sengaja memiliki liburan sepekan menjelang Tahun Baru karena masa liburnya lebih panjang.

"Akhir pekan ini liburnya lebih panjang, sehingga kami pilih kemah. Untuk Tahun Baru nanti kami sudah punya agenda," kata Andri.

Selain di Rancaupas, sejumlah lokasi perkemahan juga banyak dikunjungi kawula muda baik yang datang untuk kemping maupun sekedar jalan-jalan menghirup udara segar.

Lokasi perkemahan lainnya adalah di Gunung Puntang Pangalengan, Bumi Perkemahan Cisanti Kecamatan Kertasari serta di kawasan Bandung timur.

Bahkan beberapa kelompok pemuda juga melakukan kemping di sejumlah lokasi hutan seperti di Danau Ciarus Kabupaten Garut.

"Pekan ini yang keping cukup banyak, dan diperkirakan puncaknya akan terjadi pada momen tahun baru nanti," kata Denny, salah seorang petugas di kawasan Gunung Puntang.

Sebagian dari mereka melakukan hiking di kawasan alam terbuka yang berupa perkebunan teh dan juga beberapa kawasan wisata alam. 

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015