Jakarta (ANTARA News) - Co Founder Freeport-McMoran Inc, James Moffett (77) akan undur diri sebagai pimpinan perusahaan itu dan berhenti dari jajaran dewan perusahaan.

Beberapa bulan sebelumnya, perusahaan pertambangan tersebut menambah dua direktur baru karena tekanan investor milyarder Carl Icahn, demikian Reuters.

Freeport mengatakan James, yang telah ditunjuk sebagai pimpinan emeritus, akan menjadi konsultan bagi dewan direksi dan menjadi penasihat perusahaan itu untuk operasinya di Indonesia

Saham Freeport turun lebih dari sembilan persen menjadi 6,86 dolar Amerika Serikat pada Senin.

"Setelah pertimbangan yang cermat, dewan menyimpulkan bahwa pergantian di posisi pimpinan akan menjadi hal baik bagi perusahaan dan pemangku kebijakan," kata juru bicara perusahaan melalui surat elektronik. 

"Moffet dan jajaran dewan perusahaan telah mencapai kesepakatan atas keputusan tersebut."

Icahn yang memiliki 8,8 persen saham Freeport pada 22 September lalu mengkritik pengeluaran penambangan, struktur modal, dan kompensasi eksekutif pada saat harga komoditas sedang melemah.

Icahn dan Freeport mencapai kesepakatan pada bulan Oktober berupa "larangan" bagi investor yang ingin mencopot anggota dewan perusahaan.

Freeport juga  akan mengurangi jumlah direktur menjadi hanya sembilan dari 16, serta memisahkan bisnis minyak dan gas dari operasi pertambangan.

Freeport memasuki bisnis minyak dan gas sejak 2013 dengan mengakuisisi Plains Exploration dan McMoRan Exploration senilai sembilan miliar dolar AS. Langkah tersebut menimbulkan tanda tanya karena James Moffet merupakan salah satu pemegang saham terbesar dan juga CEO McMoRan.

"Sejak Moffett menjadi pimpinan,  saham menurun drastis dari 60 dolar AS menjadi 7 dolar AS," kata Ivan Feinseth, analis dari Tigress Financial Partners.

"Dan saat saham mencapai 60 dolar AS, mereka memutuskan untuk melebarkan bisnisnya dari logam dan tambang menuju minyak. Jadi, hal itu merupakan keputusan yang buruk." 

James Moffett, yang sudah menjadi pimpinan dan juga pendahulu Freeport sejak 1984, menjadi salah satu pendiri McMoRan Oil & Gas Co di 1969 dan memimpin penggabungan dengan Freeport Minerals Co di 1981. 

Kepergian Moffet terjadi beberapa bulan setelah Freeport merombak struktur "jabatan ketua".

Pimpinan yang terdiri atas James Moffett, Chief Executive Richard Adkerson, dan kepala perusahaan bisnis minyak dan gas James Flores dinilai menghambat peran kepemimpinan direktur independen. 

Freeport juga mengumumkan Gerald Ford yang telah menjadi direktur independen sejak 2013 menjadi pimpinan noneksekutif, pada Senin. 

Dengan tugas baru tersebut, James Moffett akan mendapatkan bayaran konsultasi sebesar 1,5 juta dolar AS per tahun. 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015