Situasi itu membuat laju IHSG BEI sepanjang Januari hingga Desember 2015 mengalami tren konsolidasi cenderung melemah,"
Jakarta (ANTARA News) - Bursa Efek Indonesia mengemukakan kinerja pasar modal Indonesia sepanjang 2015 dipenuhi banyak tantangan sehingga membuat investor asing mengalihkan sebagian dananya keluar dari pasar saham domestik.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio di Jakarta, Rabu menyatakan bahwa kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat membuat investor asing mengalihkan sebagian dananya keluar dari instrumen portofolio di Indonesia yang ditandai dengan nilai jual bersih dana investor asing di pasar modal domestik sebesar Rp22,58 triliun.

"Situasi itu membuat laju IHSG BEI sepanjang Januari hingga Desember 2015 mengalami tren konsolidasi cenderung melemah," katanya.

Dampak dari kondisi global itu, lanjut dia, menyebabkan indeks harga saham gabungan (IHSG) per 30 Desember 2015 ditutup di level 4.593,01 poin atau mengalami penurunan sebesar 12,13 persen, dibandingkan penutupan akhir Desember 2014 yang berada di level 5.226,94 poin.

Meski demikian, tren konsolidasi IHSG sejalan dengan bursa-bursa saham lainnya seperti Indeks Dow Jones Industrial Average Amerika Serikat yang mencatat minus 1,65 persen, Indeks PSE Filipina minus 3,42 persen, Hang Seng Hongkong turun 7,14 persen, dan Strait Times Singapura melamah 14,56 persen.

Sementara itu tercatat di tingkatan regional, hanya ada tiga indeks yang berhasil tumbuh di sepanjang 2015, yakni Indeks Shanghai Composite Cina yang tumbuh 9,25 persen, Nikkei 225 Jepang naik 8,15 persen, dan Indeks KOSPI Korea Selatan yang mampu meningkat 2,53 persen.

"Meski demikian, secara jangka panjang, pertumbuhan IHSG dalam enam tahun terakhir dari 2009 hingga 2015 masih positif dengan membukukan pertumbuhan imbal hasil akumulatif sekitar 79,82 persen atau tercatat berada di urutan kedua setelah bursa Filipina," katanya.

Dalam menjaga industri pasar modal, Tito Sulistio mengatakan pihaknya memiliki empat strategi, pertama, menambah jumlah perusahaan tercatat atau emiten di BEI. Kedua, BEI akan membuka cabang di Surabaya untuk memudahkan proses penawaran umum perdana saham (IPO).

Ketiga, lanjut dia, memperbanyak kantor cabang BEI untuk sosialisasi dan edukasi. Dan, keempat menjaga reputasi dan wibawa Bursa agar masyarakat percaya menempatkan dananya di pasar modal.

"Empat hal itu yang akan fokus kita lakukan," katanya.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015