Semarang (ANTARA News) - Perayaan Tahun Baru 2016 di Kota Semarang, Kamis malam (31/12), terpencar di berbagai titik, seperti di titik nol kilometer di dekat kawasan Kota Lama, Pantai Marina, Simpang Lima, dan kawasan Gombel.

Pesta kembang api terlihat mewarnai langit Kota Semarang yang berasal dari berbagai titik yang berlangsung menjelang pukul 00.00 WIB, diiringi tiupan terompet dari masyarakat yang memadati sejumlah lokasi perayaan tahun baru.

Seperti tampak di titik nol kilometer persis di depan Kantor Pos Besar Johar, Semarang, lokasi pusat perayaan tahun baru yang digelar Pemerintah Kota Semarang, ribuan masyarakat antusias menunggu detik-detik pergantian tahun.

Yoda Idol dan band Utopia, serta artis lokal pun dihadirkan untuk menghibur masyarakat yang merayakan Tahun Baru 2016 di titik nol kilometer yang dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Penjabat Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto.

Jajaran pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Jateng dan Kota Semarang juga tampak, termasuk jajaran musyawarah pimpinan daerah (muspida) setempat yang ikut merayakan pergantian tahun dengan meniup terompet bersama-sama.

"Selama satu tahun ini, kita belajar banyak. Ada yang membahagiakan, ngeselin, kegagalan, namun ada pula kesuksesan. Makanya, menyambut tahun baru ini marilah berdoa agar tahun depan lebih baik," kata Ganjar saat menyampaikan sambutan.

Gubernur juga menyampaikan pemerintah daerah, baik Pemerintah Provinsi Jateng maupun Pemkot Semarang telah berusaha sekuat tenaga membereskan satu persatu persoalan, seperti infrastruktur yang sekarang ini sudah semakin baik.

"Hubungan antarmasyarakat juga harus dijaga dengan baik. Kalau semua berpartisipasi maka Jateng akan semakin gayeng. Untuk membangun Indonesia, Jateng, tidak terlalu sulit kalau semua berkontribusi dengan sangat baik," katanya.

Suasana meriah juga terlihat di Pantai Marina Semarang yang diramaikan pula dengan kehadiran artis untuk menghibur penonton, ditambah dengan ribuan kembang api yang sudah disiapkan untuk menghiasi langit di malam pergantian tahun.

Demikian pula dengan kawasan Simpang Lima dan Tugu Muda Semarang, meski tidak ada acara hiburan yang disiapkan secara khusus, masyarakat tetap antusias merayakan tahun baru dengan pesta kembang api dan meniup terompet bersama-sama.

Tak mau kalah, Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, juga menggelar malam tasyakuran Tahun Baru 2016 bersamaan dengan kegiatan resesnya dengan berbagai hiburan yang sudah disiapkan, seperti musik, stand up comedy, dan pesta kembang api.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016