Jayapura (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Papua berencana membangun gudang beras di Kabupaten Merauke, lumbung pangan di wilayah itu.

"Kita akan bangun gudang beras di Distrik Kurik dengan kapasitas penampungan 5.000 ton," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Semuel Siriwa di Jayapura, Minggu.

Ia menjelaskan gudang itu nantinya akan dipinjamkan kepada Bulog Divisi Regional Papua yang selama ini aktif membeli hasil panen petani di Merauke.

"Kalau itu jadi Bulog akan memanfaatkan gudang itu untuk menampung beras," katanya..

Selama ini, dia menjelaskan, keterbatasan kapasitas gudang menjadi salah satu kendala Bulog dalam menyerap beras produksi petani di Merauke.

"Di Merauke Bulog tidak bisa menampung baik beras dari petani karena dia punya gudang juga terbatas, kalau tidak salah hanya berkapasitas 11.500 ton saja. Jadi kalau gudangnya tersedia banyak, maka seluruh produksi petani dia bisa tampung sebanyak-banyaknya," katanya.

Ia menambahkan Pemerintah Provinsi juga berencana membeli satu unit kapal untuk mendistribusikan beras produksi Merauke ke seluruh wilayah Papua. "Sehingga beras dari selatan bisa dikirim ke utara," katanya.

Pewarta: Dhias Suwandi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016