Padang, Sumatera Barat (ANTARA News) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat, menargetkan perolehan 16 medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat.

"Kami telah melakukan berbagai upaya untuk mencapai target PON yang akan digelar pada September 2016 dengan menyusun program latihan sedini mungkin," kata Sekretaris Umum KONI Sumatera Barat, Indra Jaya, di Padang, Rabu.

Ia menjelaskan pelatihan dan fasilitas untuk mencapai target itu antara lain fasilitas berlatih, bertanding, uji coba, pembinaan, kesehatan dan psikologis.

Bagi atlet dari luar kota akan difasilitasi untuk menginap di Padang dan diusahakan pindah ke Padang agar lebih fokus dalam mengikuti latihan.

"Tahun ini kami memberikan pembinaan dan kesempatan atlet-atlet yang berpotensi menyumbang medali emas bisa mengikuti kegiatan-kegiatan secara maksimal," katanya.

Kegiatan seperti pertandingan uji coba, tidak hanya di dalam begeri tapi dapat dikirim ke luar negeri untuk melakukan uji coba.

Ia menyebutkan pada 2015, atlet di Sumatera Barat memiliki prestasi yang baik pada beberapa cabang olahraga di antaranya tae-kwon do, silat, tarung derajat, panjat tebing, catur dan biliard.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016