Jakarta (ANTARA News) - Apple dikabarkan akan meninggalkan jack 3,5mm dan tengah bekerja sama dengan anak perusahaan Beats Electronics mengembangkan earbuds nirkabel yang akan hadir bersamaan dengan diluncurkannya iPhone 7.

Hal itu telah menuai protes lebih dari 215.000 orang yang telah mendatangai petisi dan menuntut Apple tetap mendukung jack 3,5mm, penghubung aksesoris headphone tersebut di iPhone 7.

Earbuds diperkirakaan akan mirip dengan headset milik  Motorola (Moto Hint) Earin dan Bragi Dash. Perangkat yang kemungkinan akan dinamai Airpods itu dikabarkan akan mengusung fitur mikrofon untuk menerima panggilan dan berbicara dengan Siri.

Tidak akan ada port pada earbuds, sebaliknya perangkat tersebut akan hadir dengan baterai built-in.

Earbuds nirkabel Apple kemungkinan besar akan dijual secara terpisah. Model sama milik pesaingnya datang dengan harga yang tidak murah. Earbuds nirkabel milik Earin misalnya, dibanderol dengan harga ritel 230 dolar AS.

Sementara itu, Bragi Dash menawarkan earbuds nirkabelnya dengan harga 299 dolar AS, sedangkan Moto Hint menjadi yang paling murah dengan harga 130 dolar AS, demikian GSM Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016