... menawarkan dukungan apa pun yang mungkin diperlukan Indonesia dalam mengatasi aksi tersebut...
Kupang, NTT (ANTARA News) - Pemerintah Australia mengutuk keras serangan di Jakarta, Kamis, dan menawarkan dukungan apa pun yang diperlukan Indonesia dalam mengatasi aksi teroris tersebut.

"Saya telah berbicara langsung dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, dan menawarkan dukungan apa pun yang mungkin diperlukan Indonesia dalam mengatasi aksi tersebut," kata Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, dalam surat elektronikanya, yang dikutip dari Kupang, Kamis.

Bishop juga menyebutkan bahwa pihak Kedutaan Besar Australia di Jakarta sudah mengajukan beberapa pertanyaan yang mendesak kepada pihak-pihak berwenang di Indonesia untuk menanyakan nasib warga Australia dalam serangan tersebut.

"Kejadian ini memang begitu cepat sehingga terlalu dini untuk menentukan skala kerusakan atau pun jumlah korban. Namun, kami merasa sangat berkepentingan untuk menanyakan nasib warga negara kami dalam serangan tersebut," ujar Bishop.

Melalui Smartraveller, Australia mengimbau warga negaranya untuk berhati-hati melakukan perjalanan ke Indonesia, khususnya ke Jakarta agar sebisa mungkin dapat menghindar dari wilayah Sarinah di Jakarta Pusat yang menjadi target serangan pada Kamis pagi.

"Nasihat perjalanan ke Indonesia telah dimutakhirkan dan tersedia di Smartraveller. Kami juga menghimbau agar mereka dapat mematuhi instruksi-instruksi pihak berwenang di Indonesia. Tingkat nasihat perjalanan secara keseluruhan tidak berubah dan kami terus memberi nasihat kepada warga Australia untuk menerapkan sikap berhati-hati yang tinggi di Indonesia," ujarnya.

Pewarta: Laurentius Molan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016