Jakarta (ANTARA News) - Lebih dari 820.000 Tweet solidaritas dengan tanda pagar (tagar) #PrayForJakarta, #KamiTidakTakut, dan #SafetyCheckJkt sebagai tagar paling populer di media sosial Twitter.

Hingga pukul 10.00 pagi ini, terdapat lebih dari 820.000 Tweet yang terkait kejadian kemarin; dengan tiga tagar utama tersebut.

Puncak percakapan terjadi pada pukul 13.28 WIB, dengan 2.100 Tweet per menit. Tagar #PrayForJakarta bahkan sempat menjadi trending topic nomor 1 dunia. 

"Rakyat Indonesia menggunakan Twitter untuk mengekspresikan keberanian, dukungan dan ketabahan atas serangan teroris yang terjadi," kata Cipluk Carlita, Communications Manager Twitter Indonesia melalui siaran pers di Jakarta, Jumat.

Para pengguna pertama-tama berbagai informasi, saling mengingatkan untuk tidak membagikan laporan yang belum diverifikasi, serta menyampaikan solidaritas melawan serangan yang terjadi secara real-time.

Pada kesempatan tersebut, tokoh publik dan aktris turut berbagi informasi terkini sekaligus menunjukkan solidaritas mereka melalui Twitter.

Solidaritas dan dukungan untuk Indonesia tidak hanya datang dari dalam negeri, tapi juga berbagai negara. 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016