Jakarta (ANTARA News) - Belajar siaga  bencana lebih seru dan menyenangkan lewat aplikasi game "Sai Fah" dan "Tanah".

Dua game sarat edukasi yang diluncurkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI), Palang Merah Amerika, UNESCO dan Global Disaster Preparedness Center (GPDC) fokus pada penanggulangan banjir, gempa bumi dan tsunami.

Permainan ini dianggap relevan untuk masyarakat Indonesia yang tinggal di tempat rawan bencana alam, kata Kepala Divisi Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI Arifin M. Hadi di @America Jakarta, Selasa.

Menurut National Programme Officer Disaster Risk Reduction and Tsunami Information Unit UNESCO Ardito M. Kodijat, game ini ditujukan untuk anak-anak yang dianggap termasuk kelompok paling rentan saat terjadi bencana.

"Tapi mereka juga punya potensi untuk membuat perubahan agar masyarakat siaga bencana," kata Ardito. 

Dua game ini dibuat masing-masing selama setahun oleh pengembang asal Thailand. Sai Fah (artinya kilat dalam bahasa Thailand) Sang Penakluk Banjir adalah permainan berisi petualangan menghadapi bencana banjir.

Pemain ditantang bermain dalam tiga fase, yakni sebelum banjir, saat banjir dan setelah banjir. Melalui game yang sebelumnya telah diluncurkan di Thailand ini, pemain bisa belajar mengurangi risiko banjir dan melakukan tindakan aman saat banjir, seperti menghindari sengatan listrik sampai ancaman binatang liar.

"Sai Fah" tersedia di 140 negara dalam bahasa Inggris, Indonesia, Prancis dan Tagalog. 

Sementara itu, game "Tanah" berisi misi agar pemain dapat siap siaga, merespon bencana dan memulihkan bencana gempa bumi serta tsunami. Salah satu hal penting yang diajarkan dalam game "Tanah" adalah cara mengatur barang di dalam ruangan agar tidak membahayakan ketika gempa bumi terjadi. 

Game "Sai Fah" dibuat pascabencana banjir di Thailand pada 2011 silam, sedangkan "Tanah" dibuat setelah bencana tsunami menimpa Aceh pada 2004 dan Sendai, Jepang pada tahun yang sama. Nama "Tanah" dipilih karena relevan dengan bencana tersebut. 

"Kami juga mencari nama general sehingga bisa banyak disebarkan ke negara lain," kata Ardito. 
Bila mendapat animo positif dari masyarakat serta dana sponsor, tidak menutup kemungkinan ada game siaga bencana lain yang menyusul. 
Kedua game ini dapat diunduh oleh pengguna Android dan iOS dengan kata kunci "Sai Fah (ID)" dan "Tanah (ID)".

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016