Jakarta (ANTARA News) - Jenazah Panji Hilmansyah, putra pertama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, setelah mengalami beberapa kali ditunda, dipastikan tiba dan dimakamkan di Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (24/11).

Menteri Susi dalam keterangan tertulisnya menyebutkan jenazah putranya akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu pukul 18.10 WIB.

Selanjutnya, jenazah Panji Hilmansyah bakal diterbangkan langsung ke Bandara Nusawiru, Pangandaran, Jawa Barat, serta disalatkan di Masjid Agung Al-Istiqomah di Pangandaran.

Kemudian, lelaki yang akrab dipanggil Hilman itu akan dikuburkan di makam keluarga. Susi memutuskan berangkat ke Pangandaran pada Minggu pagi, sedangkan jenazah akan dimakamkan malam harinya.

Waktu ketibaan jenazah Hilman beberapa kali diubah karena pernah diberitakan tiba Jumat (22/1) atau Sabtu (23/1).

Penundaan diperkirakan antara lain karena masih ada sejumlah tahap administratif yang perlu diurus di Amerika Serikat, tempat wafatnya almarhum.

Susi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan doa dan dukungan serta kepada mereka yang membantu pemulangan anaknya.

Berdasarkan pernyataan dari keluarga, almarhum Hilman berada di AS karena sedang melakukan sekolah instruktur pilot di negara bagian Florida.

Hilman yang merupakan anak tertua Susi Pudjiastuti (kedua adiknya adalah Nadine Kaiser dan Alvi Xavier) meninggalkan satu putra yang bernama Armand (10 tahun).

Mengenai penyebab kematiannya, diduga karena gagal jantung. Pada awal 2016, Hilman pernah mengeluhkan kondisinya yang sesak nafas, tetapi sebelumnya tidak ada riwayat penyakit jantung.





Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016