Semarang (ANTARA News) - Dalam kunjungan kenegaraan di Republik Demokratik Timor Leste, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan atau Palacio Presidencial, Dili, Timor Leste, Selasa.

Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan resminya yang diterima di Semarang, Selasa, menjelaskan dalam kunjungan kenegaraannya ke Timor Leste, Presiden Jokowi menyampaikan rasa senang dapat bertemu kembali dengan Presiden Timor Leste, sejak pertemuan terakhir di Jakarta pada April 2015.

Kepada Presiden Taur Matan Ruak, Presiden Jokowi mengatakan sengaja memilih Timor Leste sebagai negara pertama yang dikunjungi pada 2016.

Hal itu untuk menunjukkan komitmen Indonesia dalam membangun hubungan bilateral yang lebih kokoh, membangun hubungan ekonomi yang lebih kuat, serta membangun masa depan yang lebih erat dengan Timor Leste.

Presiden juga menegaskan kesiapan Indonesia sebagai mitra pembangunan Timor Leste.

Presiden Taur Matan Ruak menyatakan sangat menghargai kunjungan Presiden Republik Indonesia.

Terkait dengan peristiwa aksi teror di Jalan MH Thamrin, Presiden Taur Matan Ruak menyampaikan duka cita kepada korban dan keluarga korban.

Presiden Timor Leste juga mengaku sangat kagum dengan cara Indonesia menanggulangi aksi teror dalam waktu kurang dari satu hari dan dalam waktu singkat, semua menjadi kembali normal.

Presiden Taur Matan Ruak mengatakan dirinya mengikuti perkembangan penanganan aksi teror dari TV Indonesia.

Selanjutnya kedua kepala negara membicarakan hubungan bilateral yang sudah berjalan sangat baik saat ini.
Keduanya berkomitmen tinggi untuk meningkatkan hubungan bilateral di masa yang akan datang.  Dan Timor Leste mengharapkan kerja sama dengan Indonesia dalam pembangunan ekonomi.

Selain itu, kedua Kepala Negara juga menyambut baik akan ada 5 Memorandum of Understanding (MoU) yang akan ditandatangani antar kedua negara.

Kedua Kepala Negara memiliki komitmen tinggi untuk mempercepat penyelesaian isu batas wilayah dan bagi Timor Leste, Indonesia adalah tetangga yang baik.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016