Tiga balai itu daya tampungnya bisa untuk 300 orang. Dan gelombang kedua ini akan dibina di kami sekitar lima hingga tujuh hari
Cimahi (ANTARA News) - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Barat siap menampung sekitar 297 orang pengikut ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Jawa Barat yang saat ini masih berada rumah aman Cibubur, Jakarta Timur.

"Setelah gelombang pertama ini dipulangkan ke kabupaten/kota, kami siap menampung gelombang kedua. Katanya ada sekitar 297 orang yang akan dikirim ke sini besok (Selasa)," kata kata Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Tatang Subarna, di Kota Cimahi, Senin.

Dinsos Jabar telah menyiapkan tiga balai di Gedung Dinas Sosial Jawa Barat yakni Balai Pemberdayaan Sosial Bina Remaja (BPSBR), Balai Besar Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) dan Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (BRSPD).

"Tiga balai itu daya tampungnya bisa untuk 300 orang. Dan gelombang kedua ini akan dibina di kami sekitar lima hingga tujuh hari," kata dia.

Ketika ditanyakan apa saja yang disiapkan terkait rencana kedatangan eks Gafatar asal Jabar gelombang kedua, Tatang menyatakan telah mempersiapkan sejumlah langkah-langkah.

"Apa saja yang disiapkan, ya sesuai tupoksi dinsos kita memberikan perlindungan dan pelayanan dasar mereka kebutuhan dasar terpenuhi di samping pembinaan mental spiritual, wawasan kebangsaan," kata dia.

Hari ini Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat memulangkan 195 orang warga Jawa Barat yang menjadi korban atau mantan pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Jawa Barat ke kabupaten/kota masing-masing.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016