Washington (ANTARA News) - Aktivitas manufaktur Amerika Serikat terus mengalami kontraksi pada Januari, sebagian karena penguatan dolar AS dan pertumbuhan global yang lemah.

Indeks manufaktur, juga dikenal sebagai indeks pembelian manajer (PMI), tercatat 48,2 pada Januari, meningkat 0,2 poin dari angka direvisi Desember 48, lembaga riset Institute for Supply Management (ISM) mengatakan dalam sebuah laporan, Senin, lapor Xinhua.

Angka di atas 50 mengindikasikan sektor ini umumnya berkembang, sementara angka di bawah tingkat itu menunjukkan kontraksi.

Indeks pekerjaan turun 2,1 poin dari bulan sebelumnya menjadi 45,9, angka terendah sejak 2009, sedangkan kedua indeks untuk pesanan baru dan produksi tercatat meningkat dari Desember.

Aktivitas manufaktur telah melemah selama tahun lalu, diseret oleh pertumbuhan global yang lesu dan dolar yang kuat. Beberapa ekonom khawatir bahwa penguatan dolar akan terus menekan sektor manufaktur, dalam pandangan kebijakan moneter berbeda diadopsi oleh Federal Reserve dan bank sentral utama lainnya.
(T.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016