Purworejo (ANTARA News) - Tim SAR gabungan menghentikan pencarian korban yang tertimbun tanah longsor, di Dusun Suwinong, Desa Penungkulan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada Jumat sore dan bakal dilanjutkan pada Minggu (7/1) pagi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purworejo Budi Harjono di Purworejo, Sabtu mengatakan untuk sementara tim SAR ditarik dari lokasi pencarian korban longsor pada pukul 17.30 WIB.

"Sementara tim SAR dari berbagai unsur, baik Basarnas, BPBD, TNI, Polri, relawan, dan masyarakat kami tarik karena jika dilanjutkan juga tidak efektif karena semua sudah capek," katanya.

Ia menuturkan sembari memulihkan tenaga maka malam ini tim SAR istirahat dan bakal mulai pencarian lagi pada Minggu pukul 07.30 WIB.

Menurut dia, pencarian korban besok difokuskan pada satu titik di lokasi rumah Rahman.

"Mudah-mudahan tidak jauh dari lokasi tersebut dan cepat ditemukan," katanya.

Dari tujuh korban yang tertimbun longsor di Dusun Suwinong, lima di antaranya telah ditemukan tim SAR, yakni Amat Saringat, Salmah, Triyanto, Fitri, dan Sumini. Sedangkan dua korban, yakni Rahman dan Suprapti belum dtemukan.

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Purworejo pada Jumat (5/2) siang hingga malam hari mengakibatkan bencana longsor yang menimbun dua rumah milik Amat Saringat dan Rahman kondisinya rata dengan tanah.

Upaya pencarian korban yang dilakukan sejak Jumat malam hingga Sabtu petang baru menemukan lima korban yang telah dimakamkan di pemakaman umum desa setempat.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016