Tangerang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, mencanangkan gerakan Bikin Bersih Masjid (BBM) di 13 kecamatan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Kota Tangerang Heriyanto di Tangerang, Senin, mengatakan pencanangan gerakan BBM merupakan bagian dari kegiatan perayaan ulang tahun Kota Tangerang ke 23.

Dalam menjalankan gerakan itu, pemerintah kota meminta seluruh camat dan lurah menginstruksikan kepada seluruh pengurus masjid dan musholla bekerja bakti membersihkan tempat ibadah.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah telah mengeluarkan surat edaran pada 5 Februari untuk meminta camat dan lurah menggerakan masyarakat membersihkan tempat ibadah di wilayah kerja mereka masing-masing.

"Kegiatan sudah dimulai pada tanggal 13 Februari dan akan terus ditindak lanjuti hingga seterusnya sehingga tumbuh kesadaran menjaga kebersihan tempat ibadah," ujar Heriyanto.

Romi Abidin, perwakilan dari Komunitas Masyarakat Hompipah yang mencetuskan ide gerakan BBM, berharap gerakan itu bisa menumbuhkan tanggung jawab bersama dalam membersihkan tempat ibadah di kalangan masyarakat.

"Jika masjidnya bersih maka ibadah menjadi semakin khusyuk," ujar Romi.

"Kedepannya, program BBM akan di lombakan khususnya antar masjid agar menjadi motivasi dalam menjadi prestasi masjid terbersih," tambah Romi, yang juga pengurus Majelis Ulama Indonesia Kota Tangerang.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016